jumlah pulau di indonesia
Foto:@q.b_photography

Tahukan Anda, Jumlah Pulau di Indonesia? Negara Kepulauan Terbesar di Dunia

Diposting pada

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, jadi tidak heran jumlah pulau di Indonesia mencapai belasan ribu. Namun tahukah Anda berapa jumlah seluruh pulau yang masuk dalam wilayah kepulauan Negara Kesatuan Republik Indonesia?

  • Data Pulau – Pulau Di Indonesia

Terdapat 17.504 pulau yang masuk ke dalam wilayah kepulauan negara Indonesia. Sekitar 16.052 dari total keseluruhan pulau yang ada telah dibakukan namanya di PBB. Nama-nama pulau di Indonesia dicatat berdasarkan laporan para bupati atau pun walikota dan gubernur setempat melalui pendataan oleh departemen dalam negeri.

Di antara sekian banyak pulau yang ada, terdapat 5 pulau besar di Indonesia. Lima pulau besar tersebut termasuk Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa dan Papua. Dari pulau-pulau besar tersebut, Pulau Jawa menduduki peringkat pertama untuk pulau terpadat di Indonesia dalam kategori pulau besar.

Menurut hasil proyeksi yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas untuk tahun 2010 – 2035 melalui Badan Pusat Statistik, sekitar 54,7% penduduk Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Dari sekitar 266,91 juta jiwa penduduk Indonesia, sekitar 150,4 juta jiwa tinggal di Pulau Jawa dengan luas Pulau Jawa sendiri 12.829.700 hektare. Hal ini menjadikan Pulau Jawa sebagai pulau besar terpadat yang ada di Indonesia. Selain Pulau Jawa sebagai pulau besar terpadat, juga terdapat pulau kecil yang juga memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, yaitu Pulau Bungin.

Pulau yang terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Timur ini juga merupakan pulau terpadat yang ada di Indonesia. Dengan luas hanya sekitar 8,5 hektare, penduduk Pulau Bungin mencapai lebih dari 5.000 jiwa menurut data BPS tahun 2014.

Dari semua nama pulau besar di Indonesia yang telah disebutkan di atas, terdapat juga pulau yang paling sedikit penduduknya di Indonesia. Pulau tersebut adalah Papua. Tanah Papua memiliki jumlah penduduk paling sedikit dibandingkan pulau besar lain. Jumlah penduduk di Papua hanya 3.486 jiwa dengan luas wilayah sekitar 42.199.120 hektare menurut data BPS tahun 2014. Hal ini menjadikan Papua sebagai pulau paling sedikit penduduknya di Indonesia.

  • Kekayaan dan Keanekaragaman di Indonesia

Jumlah pulau di Indonesia sangat banyak, hal ini karena jumlah pulau kecil di Indonesia mencapai belasan ribu. Pulau-pulau tersebut termasuk pulau-pulau sungai yang ada di wilayah Indonesia. Bahkan menurut kajian citra satelit jumlah pulau yang terdapat di wilayah negara Indonesia mencapai 18.306 pulau, termasuk pulau-pulau kecil.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar yang ada di dunia sekaligus negara dengan kekayaan budaya terbesar di dunia. Bukan hanya menjadi negara dengan kekayaan budaya terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki keanekaragaman yang sangat banyak. Mulai dari keanekaragaman bahasa, suku bangsa, budaya hingga keanekaragaman kekayaan alam.

Tidak semua pulau yang ada di Indonesia berpenghuni. Banyak di antara pulau-pulau tersebut yang kosong bahkan menghilang saat air laut sedang pasang. Tapi pada pulau-pulau yang berpenghuni tumbuh berbagai budaya dengan kekhasannya masing-masing.

Budaya-budaya tersebut lahir dan berkembang di masyarakat yang ada di wilayah kepulauan Indonesia menjadi warna tersendiri bagi Indonesia. Setiap pulau yang berpenghuni mewakili setiap kebudayaan yang ada di Indonesia.

  • Pesona Wisata Pulau-Pulau di Indonesia

Di antara pulau-pulau tersebut, tidak jarang yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alam dari pulau-pulau tersebut tidak dapat ditemui di negara-negara lain. Beberapa di antaranya bahkan menjadi destinasi wisata dunia karena keunikan dan keindahan yang dimilikinya.

Bukan hanya keindahan alam yang dimiliki pulau-pulau tersebut. Kekayaan budaya dan keragaman tradisi yang ada juga menjadikan pulau-pulau yang ada di Indonesia sebagai destinasi wisata dunia. Bahkan pemerintah terus berusaha mengembangkan potensi alam dan wisata dari pulau-pulau yang belum menjadi tujuan wisata.

Sebagai contoh Pulau Bali adalah pulau yang menjadi tempat tujuan liburan impian bagi banyak orang di seluruh dunia. Pulau Bali memiliki banyak pantai yang indah yang menjadi daya tarik utama bagai wisatawan untuk berkunjung. Selain pantai dan pemandangan alam yang indah, kekayaan budaya dan tradisi Pulau Bali menjadi magnet utama yang menarik wisatawan untuk datang.

Wisatawan yang datang bukan hanya dari wilayah Indonesia sendiri saja, justru banyak dari wisatawan luar negeri yang tertarik untuk berkunjung. Jadi tidak heran jika, Pulau Bali dengan segala pesonanya menjadi pusat tujuan wisata bagi banyak orang.

Selain pulau bali masih terdapat puluhan bahkan ratusan pulau lain yang biasa dijadikan tempat tujuan bagi para wisatawan. Pulau-pulau yang dimaksud seperti Pulau Lombok, Pulau Komodo, Pulau Mentawai, Pulau Belitung, Pulau Weh dan Rubiah di Aceh, Pulau Niar, Pulau Samosir, pulau-pulau di Kepulauan Seribu, dan masih banyak lagi pulau-pulau yang memesona yang tersebar di wilayah Indonesia.

Pulau-pulau tersebut memiliki daya tariknya tersendiri. Pulau Lombok misalnya, selain Pulau Bali, Pulau Lombok adalah pulau yang terkenal karena keindahan pantai-pantainya. Pantai Tangsi atau lebih di kenal dengan Pantai Pink adalah salah satu pantai terindah di Pulau Lombok.

Disebut dengan Pantai Pink karena pasir pantainya terlihak berwarna pink saat terhempas ombak lautan. Pasir Pantai Pink ini berwarna demikian karena pecahan berbatuan koral berwarna pink yang ada di pantai tersebut.

Kemudian ada Pulau Komodo, yang juga merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia. Pulau Komodo dengan satwa langkanya yaitu komodo menjadi pesona tersendiri yang menarik wisatawan. Selain karena pantai-pantai indah yang juga dimiliki pulau dengan satwa purba ini. Sayangnya pulau ini harus ditutup untuk wisatawan karena untuk menjaga kelestarian hidup komodo dari ancaman kepunahan.

Ada pula Pulau Mentawai yang terkenal dengan ombak tingginya dan terkenal di kalangan peselancar dunia sebagai surga untuk surfing. Pulau Mentawai juga memiliki pantai dengan pasir putih yang cantik, sehingga artis dunia seperti mendiang Paul Walker bahkan menjadikan Pulau Mentawai sebagai tempat liburan favoritnya.

Pulau lain yang tidak kalah indah adalah Pulau Belitung. Pulau yang terkenal sebagai Negeri Laskar Pelangi ini memiliki pantai dengan batu-batu karang besar yang menawan terlebih saat sunset dan sunrise. Di wilayah Aceh ada Pulau Weh dan Pulau Rubiah dengan pesona alam bawah lautnya yang menawan. Selin itu masih banyak pulau-pulau lain di Indonesia dengan pesona yang tidak kalah menawan dari pulau-pulau tersebut.

Sebagai informasi tambahan, di antara pulau-pulau yang tersebar dan membentang dari Sabang hingga Merauke, terdapat pulau berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pulau-pulau tersebut seperti Pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunai Darusalam, Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nuguni, Pulau Timor Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Ada beberapa pulau kecil yang juga merupakan pulau terluar Indonesia. Ada sekitar 92 buah pulau kecil yang terletak di wilayah terluar dan berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pulau-pulau tersebut perlu mendapatkan pengawasan yang serius dari pemerintah Indonesia karena merupakan kawasan strategis sebagai batas wilayah Negara Indonesia dengan negara-negara lain di sekitarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *